• Jl.Raya Karangjambu No. 37 Tlp. - Kode Pos 53359
  • 082133966769
  • desakarangjambu03@gmail.com
INFO

KARANGJAMBU SEBAGAI KANDIDAT LOMBA DESA DI PURBALINGGA

21 April 2021 Suyitno Berita Desa

KARANGJAMBU Tim Penilaian Lomba Desa Tingkat Kabupaten Purbalingga mulai menilai di Desa Karangjambu Kecamatan Karangjambu  (21/04/2021). Sambutan ketua tim penilai lomba desa diwakili oleh Tim dari Dinas Pemberdayaaan Masyarakat Desa (DINPERMASDES) Ibu Amiarti, beliau menyampaikan bahwa untuk penilaian perlombaan desa dilaksanakan dalam ketentuan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 81 Tahun 2015. Indikator penilaiannya sendiri terdiri dari tiga variabel utama yakni dibidang pemerintahan, kewilayahan dan bidang kemasyarakatan.

Untuk aspek bidang Pemerintahan meliputi kependudukan, administrasi pemerintah desa, keamanan dan ketertiban, tata kelola keuangan, pendidikan, kesehatan, inovasi dalam mengembangkan potensi desanya. Sedangkan aspek kewilayahan, diantaranya pemetaan rawan bencana dan konflik, luas dan batas-batas wilayah. Adapun asfek dibidang kemasyarakatan mencakup keaktifan PKK, kegiatan keagamaan atau peran serta masyarakat dalam pembagunan di desa dan peran BUMDes dalam meningkatkan pendapatan APBDesa.

Selain dihadiri dari Tim Penilai Evaluasi Perkembangan Desa acara tersebut juga dihadiri oleh Camat Karangjambu Bpk Sakhiman, S.Pd. beserta jajaranya, "Desa Karangjambu merupakan Ibu Kota Kecamatan dari segi Aparatur Pemerintah Desanya Desa Karangjambu sudah lengkap, dari segi SDM aparatur Pemdesnya sudah mumpuni, Desa Karangjambu merupakan barometer dari 5 (lima) Desa yang ada di wilayah kecamatan karangjambu, bahkan karangjambu sebagai rujukan desa-desa lain dalam hal pelaksanaan administrasi di desa, untuk itu kami percaya dan InsyaAlloh Desa  Karangjambu mampu untuk bersaing dalam penilain evaluasi Perkembangan desa di Kabupaten Purbalingga". Kata Camat Karangjambu.

Kepala Desa Karangjambu Bpk. Warsito,S.Ag. dalam sambutan sekaligus pemaparannya menyampaikan, Pembangunan di Desa Karangjambu disamping berasal dari Dana Transfer baik ADD maupun DD juga berasal dari swadaya masyarakat baik berupa tenaga (gotong royong) maupun berupa material yang dilaksanakan disetiap RT, fasilitas umum, dan tempat peribadatan. Hal ini menunjukkan peran serta masyarakat dalam pembangunan desa. Beliau juga menyampaikan terkait Gambaran umum serta kondisi wilayah serta kondisi Masyarakat Desa Karangjambu Kecamatan Karangjambu.(ad/yt)

 

Admin

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar