• Jl.Raya Karangjambu No. 37 Tlp. - Kode Pos 53359
  • 081313005003
  • desakarangjambu03@gmail.com
INFO

KONFERCAB NU PURBALINGGA 2018 DI DESA KARANGJAMBU

12 Oktober 2018 Suyitno Berita Desa

PURBALINGGA- Pengurus Cabang (PC) Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Purbalingga akan menggelar Konferensi Cabang (Konfercab) untuk masa bakti 2018-2023, Sabtu-Minggu (13-14/10) di Pondok Pesantren Alikhsan Desa/Kecamatan Karangjambu. Sekretaris PCNU Kabupaten Purbalingga, KH Yusro mengatakan, dalam konfercab pada dasarnya ada tiga agenda utama.

Yaitu laporan pertanggungjawaban pengurus masa khidmat 2013-2018, mengevaluasi kegiatan selama masa khidmat dan membahas program kerja untuk masa khidmat ke depan setelah pengurus baru terbentuk.

Terkait pemilihan ketua tanfidziah, Yusro mengatakan, di NU sistemnya sangat beda dengan yang lain. Pertama dilakukan pencarian bakal calon dengan cara memperoleh dukungan minimal lima suara.

Setelah itu, akan ditetapkan menjadi calon ketua. "Nanti setelah calon itu ditetapkan, dilanjutkan dengan pemilihan secara tertutup. Pada prinsipnya musyawarah mufakat, tapi bisa saja dilakukan voting.

Adapun mereka yang memiliki hak suara adalah 18 MWC dan satu dari PC sebagai kehormatan," katanya, Jumat (12/10). Sedangkan untuk penentuan rais syuriah, menurutnya, dipilih dengan sistem Ahlul Halli wal Aqdi(AHWA). Kalau di tingkat PC, AHWAterdiri dari lima anggota kiai untuk memilih rais syuriah.

Wakil Rais Syuriah PCNU Kabupaten Purbalingga, KH Akhmad Khotib mengatakan, untuk agenda hari pertama pembukaan, pembahasan tata tertib, dan rapat pembahasan laporan pertanggungjawaban komisi. Sedangkan hari kedua akan dilakukan rapat pleno komisi, pemilihan AHWAdan diakhiri pemilihan ketua tanfidziah. (dikutip dari suaramerdeka.com)

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar